Rabu, 15 Oktober 2014

WAJAH KOPERASI INDONESIA SAAT INI

Nama : Nuril Febriansah
NPM : 16213680
Kelas : 2EA03
            
            Dari pandangan saya apa itu wajah koperasi Indonesia pada zaman modern ini menurut saya lumayan cukup memprihatinkan, karena banyak sekali koperasi di Indonesia yang sudah tidak aktif lagi disebabkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap koperasi di negara Indonesia ini yang semestinya pemerintah mendukung adanya koperasi di Indonesia untuk mendorong supaya koperasi di Indonesia lebih maju dan dapat mensejahterakan masyarakat.
            Sebelumnya saya menjelaskan lebih terperinci tentang wajah koperasi Indonesia saat ini, saya akan menjelaskan apa itu koperasi, manfaat koperasi bagi Negara, tujuan di bentuknya koperasi dan perkembangan koperasi di Indonesia.
            Okey, yang petama saya akan menjelaskan apa itu koperasi, koperasi merupakan suatu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum atau organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan dan tolong menolong. Koperasi ini memiliki anggota yang setiap anggotanya merupakan bagian dari kepemilikan koperasi. Koperasi didirikan bersifat terbuka dan sukarela. Jadi koperasi juga dipilih dengan cara demokratis sehingga ketika ada pemilihan suara pengurus dilakukan voting dan masing-masing anggota harus mengeluarkan suaranya. Pada koperasi SHU (Sisa Hasil Usaha) dilakukan dengan adil sesuai dengan jasa usaha dari masing-masing anggota. Tidak seperti badan usaha lainnya koperasi membagi hasil usaha sesuai dengan jasa yang diberikan.
            SHU koperasi adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. Besarnya SHU yang diterima oleh setiap anggota akan berbeda, tergantung besarnya partisipasi modal dan transaksi anggota terhadap pembentukan pendapatan koperasi.    Dalam proses penghitungannya, nilai SHU anggota dapat dilakukan apabila beberapa informasi dasar diketahui sebagai berikut:
1.  SHU total kopersi pada satu tahun buku
2.  Bagian (persentase) SHU anggota
3.  Total simpanan seluruh anggota
4.  Total seluruh transaksi usaha ( volume usaha atau omzet) yang bersumber dari anggota
5.  Jumlah simpanan per anggota
6.  Omzet atau volume usaha per anggota
7.  Bagian (persentase) SHU untuk simpanan anggota
8.  Bagian (persentase) SHU untuk transaksi usaha anggota.
            Perumusan SHU :
SHU = JUA + JMA, dimana
SHU = Va/Vuk . JUA + Sa/Tms . JMA
Dengan keterangan sebagai berikut :
SHU : sisa hasil usaha
JUA : jasa usaha anggota
JMA : jasa modal sendiri
Tms : total modal sendiri
Va : volume anggota
Vak : volume usaha total kepuasan
Sa : jumlah simpanan anggota
            Yang kedua manfaat koperasi bagi Negara, karena saya orang Indonesia saya akan menjelaskan manfaat koperasi di Indonesia :
1.  Meningkatkan kesejahteraan anggota.
2.  Menyediakan kebutuhan anggota.
3.  Mempermudah anggota koperasi untuk memperoleh modal usaha;
4.  Mengembangkan usaha para anggota koperasi.
5.  Menghindarkan anggota koperasi dari praktek rentenir atau lintah darat.
6.  Pada akhir tahun anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU)
7.  Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong.
8.  Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab.
            Yang ketiga tujuan di bentuknya koperasi pada zaman dahulu adalah untuk menyelamatkan perekonomian orang yang terlibat hutang akibat lintah darat. Lalu zaman semakin berkembang, koperasi bukan hanya untuk menyelamatkan orang-orang yang terlibat hutang tetapi mensejahterakan rakyat dengan menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang dibawah harga pasar. Selain itu juga, keuntungan yang didapat bisa digunakan untuk kesejahteraan anggota koperasi tersebut.
            Yang terakhir perkembangan koperasi di Indonesia Pertumbuhan koperasi di Indonesia dimulai sejak tahun 1896 yang selanjutnya berkembang dari waktu ke waktu sampai sekarang. Perkembangan koperasi di Indonesia mengalami pasang naik dan turun dengan titik berat lingkup kegiatan usaha secara menyeluruh yang berbeda-beda dari waktu ke waktu sesuai dengan iklim lingkungannya. Jikalau pertumbuhan koperasi yang pertama di Indonesia menekankan pada kegiatan simpan-pinjam maka selanjutnya tumbuh pula koperasi yang menekankan pada kegiatan penyediaan barang-barang konsumsi dan dan kemudian koperasi yang menekankan pada kegiatan penyediaan barang-barang untuk keperluan produksi. Perkembangan koperasi dari berbagai jenis kegiatan usaha tersebut selanjutnya ada kecenderungan menuju kepada suatu bentuk koperasi yang memiliki beberapa jenis kegiatan usaha. Koperasi serba usaha ini mengambil langkah-langkah kegiatan usaha yang paling mudah mereka kerjakan terlebih dulu, seperti kegiatan penyediaan barang-barang keperluan produksi bersama-sama dengan kegiatan simpan-pinjam ataupun kegiatan penyediaan barang-barang keperluan konsumsi bersama-sama dengan kegiatan simpan-pinjam dan sebagainya. Dan koperasi di Indonesia terus-menerus berkembang hingga saat ini dengan pesat.
            Okey selanjutnya saya akan melanjutkan menjelaskan wajah koperasi di Indonesia saat ini yang semakin memprihatinkan ini disebabkan juga oleh faktor manusia. Banyak masyarakat Indonesia yang belum benar-benar mengenal apa itu koperasi dan penerapannya. Serta anggotanya sendiri yang kurang pengetahuan tentang ini. Hal ini terjadi karena sosialisasi yang kurang optimal. Anggota koperasi biasanya hanya tahu bagaimana melayani konsumen padahal anggota koperasi juga merupakan bagian dari kepemilikan koperasi tersebut. Mereka berhak untuk berpartisipasi dalam memberikan kebijakan dan memberikan saran agar koperasi bisa lebih maju., karena tanpa kerja sama antar anggota, koperasi pun tidak akan ada, seperti prisipnya yaitu kekeluargaan.
            Masalah lainnya akibat dari tidak aktifnya koperasi-koperasi di Indonesia adalah cara pengelolaannya yang kurang professional. Sumber daya manusia disini sangat penting untuk kemajuan koperasi. Sebenarnya yang harus dibenahi disini adalah manajemen pengelolaan terhadap anggota-anggotanya juga. Koperasi yang berhasil adalah yang mempunyai anggota dengan sikap yang transparan dan tanggung jawab.
            Perlakuan anggota koperasi yang kurang transparan dan tidak bertanggung jawab ini banyak menimbulkan masalah akhir-akhir tahun ini. Saya ambil contoh sebuah koperasi di Tanggerang, Banten yang badan usahanya bergerak di bidang koperasi simpan pinjam dan investasi telah melarikan uang nasabahnya sebanyak jutaan bahkan milyaran rupiah. Dalam hal ini investor akan menginvestasikan sejumlah dana kepada koperasi tersebut dengan perjanjian akan memberikan bonus keuntungan usahanya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang koperasi dan investasi ini, serta kurangnya pengawasan terhadap anggota koperasi. Sebenarnya tidak heran juga banyak anggota koperasi yang malah ikut terjebak dalam permainan investasi ini. Maka dari itu jangan mudah terpengaruh dan mudah percaya dengan orang lain karena zaman sekarang ini sangat rawan dengan kasus penipuan.
            Kalau pemerintah dapat membantu koperasi dalam penyediaan dana untuk membantu rakyat ini (petani dan nelayan) maka hasil alam mereka dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bernilai tinggi dan dapat disalurkan langsung pada masyarakat melalui koperasi. Apabila bisa terlaksana maka selain petani dan nelayan tidak miskin setelah bekerja keras. Perekonomian pun akan maju, Bagaimana bisa? Mari kita lihat efeknya terhadap perekonomiaan.
            Penyerapan hasil alam tersebut akan mengurangi nilai Import negara dan menambah nilai eksport. Karena masyarakat kita akan lebih memilih produk buatan Indonesia yang disalurkan koperasi dan menambah eksport dari hasil produksi yang sudah diolah dan bernilai tinggi. Hal tersebut dapat membuat nilai eksport lebih besar dari pada nilai import. Maka dari itu neraca perdagangan akan mengalami surplus dan menambah nilai devisa negara. Dilihat dari kesejahteraan masyarakat, masyarakat juga akan memiliki pendapatan yang lebih besar sehingga nilai kebutuhan mereka akan tercukupi. Yah itulah sebabnya mengapa saya bilang koperasi adalah penyelamat masyarakat kecil dan kaki perekonomian.
            Melihat dari penjelasan wajah koperasi di Indonesia saat ini, banyak masalah yang satu persatu harus dibenahi agar meciptakan koperasi Indonesia menjadi lebih baik lagi. Menurut pandangan saya yang harus dirubah yaitu dengan meningkatkan pendidikan dan teknologi dengan cara memberikan penyuluhan kepada generasi muda yang akan memajukkan koperasi. Selain itu juga SDM atau sumber daya manusia yang tinggi, misalnya dengan merekrut pekerja-pekerja Indonesia yang berkualitas dan berpendidikan. Bukan hanya dari sisi eksternal saja tetapi juga dari segi internalnya yaitu anggotanya yang harus bersikap transparan agar tidak terjadi penyelewengan dana dan pemanfaatan koperasi untuk kepentingan pribadi.
            Pada saat ini menurut saya, akses koperasi atau jaringan koperasi pun dirasa sangat sempit khusunya jaringan antara koperasi dengan akses perbankan. Dilihat dari sistem operasinya koperasi dianggap tertinggal atau tradisional, namun dengan tertinggalnya sistem operasi koperasi justru tidak ada bantuan atau upaya untuk membuat sistem koperasi menjadi lebih modern, seperti hal nya sistem operasi keuangan koperasi tidak bisa dijangkau dengan akses perbankan. Sebagai contoh untuk masyarakat luas, bank tidak lagi memberikan jasa layanan untuk simpan pinjam dengan atas nama koperasi tetapi harus dengan cara simpan pinjam melakukan transaksi dengan satu nomer rekening dari salah satu anggota koperasi, dengan hal ini tentu masyarakat sulit untuk mengakses nya melalui akses perbankan. Namun, disamping sulitnya akses koperasi untuk masyarakat luas, akses untuk koperasi tertutup justru lebih mudah mereka dapat merasakan hasil kegiatan koperasi. Seperti contoh, jika tiap bulan gaji pegawai dari rekeningnys mendapat potongan untuk dialokasikan ke koperasi di kantornya, pegawai tersebut mendapatkan hasil akumulasi jumlah potongan – potongan gajinya tiap bulan, pada saat pensiun nanti. Selain itu, ia pun dapat meminjam uang dan menympan uang dari koperasi dengan akses perbankan pada rekening pribadinnya.
            Wajah Koperasi Indonesia keberadaannya saat ini tidak terlalu berpengaruh atau tidak dominan di permukaan masyrakat. Namun disamping kekurangan dan ketertinggalan koperasi, berdirinya koperasi masih menjadi suatu perhitungan , serta keharusan dan selain itu  masih banyak masyarakat yang  masih membutuhkan wadah seperti koperasi dan merasa mendapatkan keuntungan dan kenyamanan dari hasil kegiatan koperasi  meskipun kegiatannya saat ini bisa dikatakan tertinggal.
            Setelah sekian banyaknya saya berbicara mengenai koperasi, kesimpulannya adalah koperasi di Indonesia perlu di benahi dari segi SDM yang baik dalam mengolah koperasi, memasarkan koperasi, dan mereparasi koperasi menjadi wadah yang efektif dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat.

            Lalu harapan saya setelah menulis artikel ini agar anda dapat memahami, kondisi perkoperasian saat ini, lalu kalian akan memiliki empati dan simpati terhadap koperasi menjadi anggota atau pembeli dari koperasi dan membantu perekonomian dengan mencintai hasil produksi dalam negeri dari pada hasil produksi luar negeri. Sehingga Koperasi dapat hidup dan membantu perekomonian negara kita.

Referensi :
http://adimo22.blogspot.com/2012/10/wajah-koperasi-indonesia-saat-ini_6452.html
http://putrisyanirbaya.wordpress.com/2012/10/23/wajah-koperasi-indonesia-saat-ini/
http://irasetyowati.blogspot.com/2012/10/wajah-koperasi-indonesia-saat-ini.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar